Tuesday 28 January 2014

Cara Mengupload Script Di Google Code

Salah satu faktor dalam suatu blog yang patut kita perhatikan adalah proses loading suatu blog. Apabila loading blog terlalu berat secara tidak langsung Anda telah memberikan efek negatif kepada pengunjung Anda dan tak ayal jika pengunjung pasti akan berkurang. Seorang pengunjung tidak mau lama-lama menunggu untuk melihat isi atau artikel yang ingin dibacanya. Mereka lebih memilih mengunjungi sebuah blog yang cepat proses membukanya, disamping lebih efisien waktu, mungkin juga biaya yang dikeluarkan lebih kecil.
Kali ini saya akan membahas tentang kecepatan akses sebuah blog, yakni blogspot. Menurut sumber yang sudah terpercaya, kecepatan akses suatu blog (loading) blog yang berplatform Blogger ini tergantung pada seberapa banyak script yang ditanam dalam sebuah template blog yang mereka pergunakan.Tetapi dengan asumsi kecepatan koneksi internet yang digunakan sama.
Namun kita bisa mengurangi dampak loading yang cukup lama akibat banyaknya javascript dalam sebuah tema dengan cara menghosting javascript kita kedalam hosting Google sendiri yaitu dengan menggunakan Google Code, yakni layanan hosting dari Google. Apabila Anda memakai sebuah template dengan menggunakan banyak script yang disimpan di Google Code oleh si pembuat template, pastinya tidak hanya Anda yang memakai template tersebut, pasti ada pengguna lain yang memakai template yang sama. Jika kedua blog dengan menggunakan template yang sama loading pada saat bersamaan pasti akan terasa semakin berat, disamping itu juga untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu script dari pembuat template rusak atau overload.
Untuk langkah-langkah bagaimana cara mengupload javascript atau kode lain ke Google Code bisa melihat tutorial dibawah ini :
1. Kunjungi alamat Google Code
2. Kemudian Pada Project Hosting klik "Create New Project"
3. Isikan kotak form yang diminta, sesuai dengan project (kode) yang akan Anda buat/ hostingkan. kemudian isikan data yang diperlukan, setelah semuanya selesai klik "Create Project"
4. Setelah Project terbuat, klik pada New Download untuk menambahkan kode yang akan Anda hostingkan.
5. Setelah New Download terbuat, isikan data-data yang diperlukan kemudian klik "Choose File" masukkan file kode yang akan Anda hostingkan ke Google Code kemudian klik Submit File

6. Setelah kode terupload, masih pada halaman New Download, klik pada file yang sudah terupload maka Anda diarahkan pada halaman informasi mengenai kode yang sudah di upload tadi, kemudian copy link kode  Anda (lihat gambar diatas)
Penggunaan Di Blogger :
Dengan menggunakan Google Code, Anda bisa mengganti script dari pembuat template dengan alamat kode javascript Anda sendiri yang sudah di hosting di Google Code, dengan cara mengedit template blog.
Contoh : misalnya saya menggunakan template yang menggunakan javascript dengan kode berikut :
<script src='http://cobadicoba.googlecode.com/files/related-martin.js' type='text/javascript'/>
Pertama yang Anda lakukan adalah mendownload kode javascript tersebut, dengan alamat :
http://cobadicoba.googlecode.com/files/related-martin.js
Kemudian save kode javascript tersebut setelah tersimpan silahkan ikuti langkah-langkah bagaimana cara upload kode di Google Code seperti diatas. Setelah Anda mendapatkan alamat kode yang sudah Anda upload copy URL kode tersebut (langkah 6) kemudian pada kode :
<script src='http://cobadicoba.googlecode.com/files/related-martin.js' type='text/javascript'/>
Bisa diganti dengan alamat yang sudah Anda copy.
Selamat mencoba dan Happy Blogging ^_^

No comments: