Thursday 26 December 2013

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Web Hosting

Pernah suatu kali teman bertanya sebenernya apa sih yang dimaksud dengan Web Hosting. Berikut sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan Web Hosting. Web Hosting adalah jasa penyewaan tempat penyimpanan data di internet yang diperlukan oleh sebuah website. Sebuah web hosting menjadi salah satu syarat mutlak agar website bisa online dan dapat diakses internet dari seluruh dunia. Bila kita ibaratkan sebuah website adalah rumah, maka web hosting bias dikatakan sebagai lahan untuk membangun rumah tersebut. Secara bentuk fisik, web hosting dapatberupa computer beserta perangkatnya yang berfungsi sebagai server internet. Ukuran yang digunakan dalam suatu webhosting adalah Kapasitas dan Bandwidth.

Apa itu yang dimaksud dengan Kapasitas?? Kapasitas didalam web hosting adalah suatu kemampuan dari web hosting untuk menyimpan data-data website. Semakin besar kapasitas dari web hosting semakin besar pula kapasitas penyimpanan data yang diberikan, web saya sendiri menggunakan kapasitas penyimpanan sebesar 300 Mb.

Apa yang dimaksud dengan Bandwidth. Bandwidth adalah suatu ukuran maksimal dari jumlah volume data yang diperbolehkan diakses dari sebuah web hosting setiap bulannya. Sebagai contoh, suatu halaman website mempunyai ukuran 2 MB dengan bandwidth web hosting sebesar 2000 MB. Maka pada setiap bulannya website tersebut hanya bisa diakses sebanyak 2000 kali.

Nah, apabila sebuah website anda sudah mempunyai jumlah pengunjung puluhan ribu setiap bulannya, maka ada baiknya anda memiliki bandwidth yang besar pula, agar website ada dapat melayani jumlah pengunjung yang besar. Karena apabila sebuah Website dengan Bandwidth tidak mencukupi, maka website tersebut tidak dapat diakses. Jadi bisa terjadi kemungkinan, saat kita mengakses sebuah website terjadi error. Mungkin itu bukan error dari Script Websitenya. Bisa aja bandwidth dari web hostingnya yang memang kecil. Hehehe.

Sekian sedikit penjelasan mengenai Web Hosting. Semoga Bermanfaat.

No comments: