Tuesday 10 December 2013

Berdoa Dan Berusaha Adalah Bagian Terpenting

Ya, berdoa dan berusaha. Ini adalah bagian yang terpenting dalam menjalani kerasnya hidup di dunia ini. Menurut saya, segala usaha yang kita lakukan tanpa berdoa adalah hal sia-sia, yang mana didalam berdoa itu terbesit suatu harapan besar untuk mencapai sebuah impian. Pertama yang saya tekankan disini didalam Alkitab, bekerja keras diperlihatkan sebagai  kebalikan dari kemalasan. Kemalasan bukan sekedar bersifat jelek, melainkan dianggap sebagai kejahatan dan dosa yang mana manusia harus bertobat (Amsal 6: 9 -10).
Berusaha, berarti melakukan sesuatu hal dengan kerja keras. Semua pasti menyadari kalau ingin mencapai suatu keinginan tertentu kerja keras adalah satu kuncinya. Max Weber dalam buku Die Protestantische Ethik, menunjukan bahwa sifat gesit, hemat waktu dan tekun bekerja, efisiensi penggunaan waktu, mencapai hasil yang optimal dalam waktu minimal. Berfikir positifpun memiliki kontribusi besar didalam diri sendiri. Termasuk dalam hal menerima diri sendiri, menyadari kekurangan dan kelebihan diri sendiri, menghargai diri sendiri, serta yang terutama membangun dan memimpin diri sendiri. Hasil nyata dari pikiran positif ini ialah hadirnya rasa percaya diri yang kuat namun sehat. Positif tehadap orang lain. Bersikap positif disini berarti kita harus melihat bahwa dalam diri orang lain terdapat juga sejumlah sikap positif.
Saya sendiripun mengalami berbagai keterpurukan. Berasal dari keluarga yang memiliki segala keterbatasan itu memang sulit. Tidak mudah untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Hanya kerja keras yang bisa kita lakukan. Adakalanya kita tidak semangat menjalani segala bentuk kehidupan, disinilah peran penting Berdoa. Hanya berdoa dengan segala harapan yang dapat menenangkan suatu kebimbangan akan masa depan hidup. Pernah suatu kali saya bertanya kepada salah satu pengusaha besar, apa iya seorang anak SMA dengan segala keterbatasan akademik dapat menjalani suatu usaha. Lantas ia menjawab :


*Tweet | @Dedeefendi88 |#SSL

No comments: