Thursday 12 December 2013

Tips Pengamanan PC dan Aplikasi Portable Dengan APPLocker

Berdasarkan kasus hari ini ada sedikit tip untuk pengamanan PC dan aplikasi portable. Salah satu tips untuk melakukan pengamanan terhadap komputer adalah dengan menolak aplikasi yang tidak sah. Tidak sah disini dapat gw artikan sebagai aplikasi di luar policy (kebijakan perusahaan) atau aplikasi portable yang kemungkinan besar telah disusupi MALWARE. Aplikasi portable adalah aplikasi yang berjalan tanpa proses penginstalan.
Ada beberapa alasan kenapa aplikasi ini harus dibatasi. antara lain :
  1. Tidak semua aplikasi portable sah atau sama dengan ilegal. Kebanyakan aplikasi ini dibuat untuk menghindari  proses legilitas.
  2. Aplikasi ini rawan dimasuki spyware,malware,dan aplikasi jahat yang dapat berakibat fatal pada komputer anda.
  3. Aplikasi portable dapat menyebabkan aplikasi yang seharusnya berjalan baik menjadi tidak normal.
  4. Menghindari pencurian data pribadi,akun, dan password koneksi internet.
Mengacu pada hal-hal tersebut, sebenernya penggunaan aplikasi portable sangat tidak disarankan, karena bisa aja terinfeksi virus yang bisa mengancam keamanan.  Cara paling murah meriah serta gratis bisa pakai Applocker pada Windows 7.  Applocker itu sendiri dapat digunakan untuk membatasi sebuah aplikasi berdasarkan letak file,publisher, dan hash file.  Walaupun sebenarnya aplikasi ini lebih ke enterprise. Tapi gag masalah lah klo mau digunakan untuk sehari-hari.
Ada tiga kondisi untuk membatasi aplikasi yang tidak sah , antara lain :Path Rules : Tipe ini digunakan untuk membatasi eksekusi aplikasi berdasarkan path atau folder tertentu.Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membatasi aplikasi portable yang biasanya terdapat pada UFD .
  1. Hash Rules : Tipe ini dapat digunakan untuk membatasi aplikasi berdasarkan hash dari  aplikasi tersebut.
  2. Publisher Rules : Tipe ini digunakan untuk mengenali aplikasi berdasarkan Digital Signature yang dikeluarkan publishernya.
    Publisher rules mempunyai beberapa tingkatan untuk membatasi sebuah aplikasi.
    • Anda dapat menggunakan opsi Publisher Rules untuk membatasi sebuah aplikasi berdasarkan publisher-nya secara langsung.
      Contohnya Microsoft atau berdasarkan nama produknya Internet Explorer atau berdasarkan nama filenya iexplore.exe.
    • Atau ingin lebih spesifik, yaitu berdasarkan dari versi aplikasinya. Misalnya versi 8.0.0.0.
    • Pada versi enterprise, opsi ini banyak digunakan untuk menyeragamkan versi dari aplikasi. Kebijakan ini tidak lain untuk meningkatkan keamanan.
Applocker memang menarik, walaupun digunakan buat untuk ditujukan pada lingkungan enterprise. Kita bisa gunakan untuk melindungi komputer kita.
Untuk melakukan administrasi dari Applocker bisa menggunakan Group Policy Editor. ~> gpsdt.msc pada menu Run.
Sekian celoteh malam ini. Semoga Bermanfaat. Terus tingkatkan keamanan data pribadi anda.


*Tweet | @Dedeefendi88 |#SSL

No comments: